Friday 17 August 2012

10 Tempat Terunik & Teraneh di Dunia

10. Kapadokya, Turki

Cappadocia, cappadocia images
Kapadokya merupakan ratusan rumah yang terdiri dari kamar-kamar unik yang bersambung. Lokasi ini merupakan bagian dari kota bawah tanah yang berumur lebih dari 2.500 tahun. Area-areanya dipisahkan oleh koridor sempit. Penduduk memulai pendudukan di permukaan dan akhirnya pindah ke bawah tanah. Lokasi ini memang pantas menjadi tempat terunik karena bentuknya yang istimewa.





9. Gunung Roraima, Venezuela, Brazil, dan Guyana

Gunung Roraima adalah tempat luar biasa yang indah. Gunung batu ini berbentuk unik karena seperti kap meja yang berada di awan. Tingginya 400 meter. Salah satu cara untuk mencapai puncak atap meja itu adalah dengan memanjat jalur tangga yang memang sudah disediakan oleh pemerintah Venezuela. Cara lain yang tidak disarankan adalah memanjat tebing. Disana hujan nyaris turun setiap hari, menghanyutkan tanaman menjalar yang berada di atas atap. Alhasil, atap gunung itu menjadi unik karena bersih dari apapun, alias seperti meja kosong.


8. Meteor Crater, Amerika Serikat


Meteor Crater adalah kawah yang terbentuk akibat jatuhnya meteorit. Letaknya sekitar 69 km sebelah Timur Flagstaff, dekat Winslow di Gurun Utara Arizona, Amerika Serikat. Kawah meteor ini konon terbentuk sejak 50.000 tahun lalu pada zaman Pleistosin, ketika iklim setempat menjadi lebih sejuk dan basah. Pada saat itu, di sana adalah padang rumput yang luas serta hutan yang dihuni oleh wol mamot, kukang tumbuk raksasa, dan unta.










7. The Great Dune of Pyla, Perancis

Kita tahu bahwa  Eropa tidak memiliki gurun, paling hanya bukit pasir biasa saja. Tapi, anggapan ini salah. Eropa memiliki bukit pasir unik, yaitu Pyla, panjangnya 3 km, lebar 500 m, dan tinggi 100 m. Bukit pasir ini sangat curam, sebagian menghadap ke hutan. Tempat ini terkenal karena menjadi tempat aktivitas paragliding. Selain keunikan butik pasir itu, yang juga menakjubkan adalah pemandangan sekitarnya. Dari ketinggiannya, kita bisa melihat laut dan hutan. Bukit pasir ini jauh lebih tinggi daripada hutan sehingga dari bukit pasir ini kita bisa melihat semuanya.


6. Air Terjun Guaira, perbatasan Brasil-Paraguay



Kebanyakan orang menganggap air terjun Niagara adalah yang terbesar di dunia. Padahal air terjun Guairral-ah yang terbesar di dunia dengan volume air terjun mencapairata-rata 50.000 m kubik/detik. Bandingkan dengan Niagara yang hanya 2.407 m kubik/detik. Sumber air terjun Guaira yang terletak di perbatasan Brasil-Paraguay adalah Sungai Panara. Tahun 1982, pada air terjun Guaira ini dibangun bendungan untuk pembangkit listrik dengan nama bendungan Itaipu yang sekarang menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik terbesar di Dunia setelah Bendungan Gorges. Bendungan Itaipu menyuplai 90% listrik ke Paraguay dan 19% ke Brasil, juga Rio de Janeiro dan Sau Paulo.


5. 83-42, Greenland


Aneh dan Unik, 84-42 dipercaya merupakan satu-satunya bidang tanah yang ada di Utara. Memang hanya "seucil" ukurannya, kira-kira 35 m x 15 m dan tinggi 4 m. Kalu dilihat dari atas, ibarat hanya setitik tanah yang dikelilingi pecahan-pecahan es. Uniknya, ketika Kutub Utara tertutup oleh es, tanah ini tidak. Keunikan ini sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya, yakni ATOW (1996). Keunikan 83-42 ini ditemukan tahun 1998.



4. Rotorua, Selandia Baru


Rotorua adalah kota di tepi laut Selatan danau dengan nama sama. Tepatnya di Teluk Plenty, pulau Utara dari Selandia Baru. Keunikan dari kawasan itu adalah banyaknya kolam-kolam sumber air panas, khususnya Geiser Potuhudi Whakarewarewa, dan lumpur-lumpur mendidih.Kawasan itu unik dan menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.






3. Gunung Es B-15, Antartika




Gunung es B-15 adalah Gunung Es terbesar yang tercatat dalam sejarah. Luas permukaanya mencapai 11.000 km persegi dan beratnya diperkirakan mencapai 3 miliar ton, membuatnya lebih besar dari Pulau Jamaika. Gunung Es raksasa ini terjadi karena patahan Roce Ice Shelf pada maret 2000. Pada tahun 2003, gunung Es B-15 ini kembali terpecah menjadi beberapa potong, salah satunya yang terbesar disebut B-15 A. Hal ini membuat perubahan besar pada peta Antartika.



2. Don Juan Pond, Antartika

Tempat manakah yang paling tinggi kandungan garamnya? Pasti orang akan menyebut Laut Mati. Laut Mati memang terkenal di dunia karena kandungan garamnya yang tinggi. Ternyata, Laut Mati bukanlah yang terasin di dunia. Justru di Antartika tempatnya. Tepatnya di Don Juan Pond, yang merupakan danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia.

Jika dibandingkan dengan laut pada umumnya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin. Jika dibandingkan dengan Laut Mati, Don Juan Pond 8 kali lebih asin. Lokasi ini ditemukan oleh Lt. Don Roe dan Lt. John Hickey pada tahun 1961, saat keduanya melakukan penelitian di Antartika. Suhu kolam itu cukup rendah, dengan titik terendah mencapai -30 derajat Celcius. Namun, tidak pernah sampai membeku seperti tempat lain di Antartika.



1. PULAU SOCOTRA, REPUBLIK YAMAN


 


Socotra adalah tempat paling aneh sekaligus paling unik di dunia. Nyaris semua yang ada disana terlihat aneh, mulai dari bentuk pohon maupun lingkungannya. Tak heran banyak yang menyebut Socotra yang berada di Republik Yaman ini sebagai salah satu sarang alien di dunia. Tempatnya sangat terisolasi, iklim keringnya lain daripada yang lain. Kejanggalan ini kemungkinan yang menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun disana tumbuh dengan aneh.

Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon's Blood Tree yang aneh, bentuknya sangat tidak umum, terlihat mirip payung. Pohon ini memproduksi getah berwarna merah. Disana juga ada binatang-binatang asli, seperti burung, laba-laba, dan binatang asli lainnya. Belum lagi bebatuan dan karang yang bentuknya tidak umum dan hanya ada di pulau itu. Dengan segala keanehan pulau itu, tak heran kalau Socotra, pulau yang berada di Laut Arab, masuk dalam warisan peninggalan dunia.





Ditulis berdasarkan buku "Amazing Top 10", oleh Puspa Swara

1 comment:

  1. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2Mr7sFC

    ReplyDelete

Terima Kasih telah mengunjungi Blog kami.